-->

8 langkah mudah membuat Google Form

8 langkah mudah membuat Google Form

8 langkah mudah membuat Google Form

bloggerpenajam | Bismillah. Pernah mendengar layanan dari Google seperti Google Form ?. Yup anda benar bahwa Google Form adalah salah satu layanan khusus pembuatan formulir atau kuesioner online yang disediakan Google. Layanan ini dapat diakses secara gratis dengan syarat anda memiliki sebuah akun Google. Sangat dikenal dikalangan pengguna internet bahwa Google Form dapat memudahkan penggunanya untuk membuat serta mengumpulkan data yang sangat dibutuhkan seperti data penelitian, formulir registrasi online dan lain sebagainya. Selain gratis dan mudah, data formulir atau kuesioner yang telah dibuat sangat terjamin dari sisi keamanannya serta seluruh data yang telah dibuat secara otomatis akan tersimpan dalam akun Google lainnya yaitu Google Drive. Selanjutnya metode membuat Google Form dengan mudah serta tepat:


  1. Yakinkan kalian telah mempunyai account Google Mail ataupun Gmail.
  2. Akses web Google Form ialah https: atau atau docs. google. com atau forms atau. Seleksi template blangko yang di idamkan ataupun samakan dengan keinginan. Dapat pula dengan mengklik ciri"+" dengan julukan Blank serta latar belakang putih.
  3. Bila mengaksesnya dari Google Drive, klik menu New di ujung kiri atas kemudian seleksi More serta seleksi Google Blangko. Di sisi Google Blangko, arahkan ke panah kanan serta klik Blangko Kosong ataupun dari Template.
  4. Bila telah memilah template ataupun membuat template kosong, kalian hendak memandang kolom Untitled Form. Klik kolom itu serta kasih kepala karangan pada angket yang hendak kalian bikin. Setelah itu pada kolom Form Description, bikin cerita yang nyata supaya orang menguasai arti dari angket yang kalian bikin.
  5. Bikin persoalan yang kalian mau serta seleksi tipe pertanyaannya. Misalnya Opsi Dobel ( Multiple Choice) buat balasan Betul, Tidak, Bisa jadi ataupun yang lain. Kalian pula dapat memilah Balasan Pendek ataupun Alinea buat balasan yang menginginkan cerita. Terdapat pula opsi Kotak Centang ( Check boxes) serta Tarik- turun( Dropdown). Buat menaikkan persoalan, kalian dapat klik ciri"+" di bagian bagian kanan.
  6. Kalian dapat membuat responden mengunggah file semacam akta ataupun gambar dengan meningkatkan fitur- fitur yang terdapat di bagian kanan.
  7. Bila telah menata seluruh persoalan yang diperlukan, klik tombol Memasok di ujung kanan atas. Setelah itu, sebarkan link Google Form yang telah kalian bikin pada responden yang dituju. Kalian pula dapat memperpendek link Google Form yang terbuat dengan mengklik Perpendek URL serta langsung Copy link itu.
  8. Buat memandang hasil angket ataupun blangko yang telah terbuat, kalian dapat amati pada bagian Asumsi di sisi kanan bagian Persoalan. Kalian hendak amati berapa banyak responden yang sudah merespon.

Ternyata mudah bukan? Mari langsung kita praktek saja jika kebetulan memang memerlukan data dari responden tertentu.

Share this:





Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Advertiser